Bermain Permainan Tradisional Indonesia Yuuk~

Sekarang zamannya  segala bentuk permainan elektronik, sesuai dengan berkembangnya teknologi dunia. Masih ingatkah kalian dengan permainan-permainan tradisional seperti  Gatrik, Meong-meongan, Oray-orayan, ataupun Balogo? jangan-jangan kalian lupa atau malah tidak tau. Aku akan bahas beberapa permainan tradisional yang mungkin dulu pernah populer di zamannya yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan modern zama sekarang. Lets~~ cekidot ^^

Meong-meongan

Dari namanya saja sudah jelas ketauan, pasti permainan ini ada hubungannya dengan kucing. Yup permainan yang satu ini berasal dari Bali, permainan ini biasanya diikuti lebih dari 8 orang. Cara memainkannya :

  • 1 orang berperan sebagai bikul atau tikus dalam bahasa Bali. Sementara yang lainnya bertugas melindungi bikul dari meong (kucing) dengan membentuk sebuah lingkaran sebagai tempat bikul berlindung. Bikul ada di dalam lingkaran, sedangkan meong ada diluar lingkaran berusaha menangkap bikul masuk ke dalam lingkaran. Selama bermain, biasanya diiringi oleh nyanyian. Seruu yaaa..

Gatrik

Gatrik adalah permainan yang berasal dari Jawa Tengah, biasanya dimainkan oleh 2 orang atau beberapa orang yang dibagi menjadi 2 regu. A tongkat pemukul dari kayu, dan potongan kayu sepanjang seperempat tongkat pemukul yang disebut  anak  gatrik. Cara memainkannya:

  • Anak gatrik diletakkan di tanah yang berlubang miring dan sempit dengan setengah panjangnya keluar di permukaan tanah, atau bisa juga diganjal pakai batu. Anak gatrik kembali dipukul sejauh-jauhnya sehingga terlontar ke udara. Kalu anak gatrik tertangkap lawan, permainan di nyatakan kalah. Kalau tertangkap, jarak antara lubang dan tempat jatuhnya dihitung untuk menentukan pemenangnya, seru kaan !?

Balogo

Permainan ini  berasal dari Kalimantan. Bermain balogo ini memerlukan 2 alat. Yang pertama, logo yang terbuat dari tempurung kelapa dengan diameter 5-7 cm. Kedua, panapak atau campa yaitu stik atau alat pemukul yang panjang sekitar 40 cm dengan lebar 2 cm. Permainan balogo ini dimainkan satu lawan satu atau beregu, jumlah pemain yang “naik” (yang melakuakan permainan) harus sama dengan jumlah pemain “pasang”. Cara memainkannya:

  • Susun logo”pasang” berderet ke belakang agak melintang. Nah, kamu yang berada di posisis “naik” dengan menggunakan logo dibantu campa berusaha merobohkan logo lawan. Regu yang paling banyak merobohkan logo lawan, merekalah pemenangnya.

Oray-orayan

Permainan ini juga ngga kalah seru. Permainannya campuran cewek, cowok dan dilakukan di lapangan terbuka. Semakin banyak pemainnya semakin seru^^ permainan ini berasal dari Jawa Barat. Cara memainkannya:

  • Pemain saling memegang ujung baju bagian belakang teman di depannya, pemain paling depan berusaha menangkap pemain paling belakang yang juga berusaha menghindar. Jadinya semacam ular yang meliuk-liuk. Biasanya permainan ini lebih seru kalau sambil jejeritan, hi hi hi seru nya..

 

Nah~ itu dia beberapa permainan tradisional yang ada di negeri kita Indonesia, ternyata semua permainan tradisional nggak kalah seru dari permainan modern. Aku harap kita bisa memeliharanya agar terus terjaga kelestarian budaya tanah air.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s