Seoul Kota Dengan Layanan Internet Paling Canggih

Siapa bilang negara Barat paling canggih dalam taknologi internet? Ternyata tidak selamanya. Dalam urusan akses internet broadband misalnya, sejumlah negara Asia mengungguli negara-negara Barat dengan sangat mencolok.

Korea Selatan adalah salah satu negara Asia yang sangat maju dalam teknologi internet. Penduduk Seoul dapat menggunduh acara televisi, main game internet atau chatting dari laptop mini sembari duduk di atas bis kota. Di kota itu tersedia layanan broadband nirkabel sebesar 3 megabites dengan menggunakan WiBro, layanan yang disediakan Korea Telcom. Bahkan surfing masih bisa dilakukan dengan leluasa diatas kereta bawah tanah yang meluncur dengan kecepatan sekitar 120 km per jam. Dengan menumpang kereta bawah tanah yang meluncur dengan kecepatan kira-kira setengah kilometer per jam pun orang masih bisa menikmati layanan internet.

Broadband tersediadi 4 dari 5 rumah tangga di kota Seoul. Tarif berlangganannya pun tidak mahal, hanya 40 dollar per bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps, penduduk Korea juga aktif menggunakan ponsel. Dari 10 penduduk Seoul, 9 diantaranya punya ponsel. Produsen ponsel merek Samsung dan LG yang bermarkas di Seoul berusaha keras mengeluarkan fitur-fitur menarik di ponsel. Servis mereka pun diterima dengan cepat oleh konsumen. Seoul juga unggul dalam layanan Digital Multimedia Broadcasting. Layanan ini dirilis tahun 2005 lalu. Sekarang hampir 2 juta warga Korea menggunakan servis itu untuk menonton TV dari ponsel mereka sembari naik bis atau kereta.

Menggantikan cara tradisional dengan teknologi canggih bukan hal yang mudah. Pemerintah harus membangun kota-kotany dengan seksama dan terpadu. Itulah yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan. New Songdo City yang berjarak 60 km dari selatan kota Seoul dipersiapkan menjadi kota yang sangat canggih. Luasnya mencapai 600 hektar dan pembangunannya memakan biaya hingga 31 milyar dollar. New Songdo akan menjadi salah satu kota pertama di dunia yang semua layanan kependudukan, kesehatan, dan bisnis bagi penduduknya sangat terpadu.

Nah kapan ya Indonesia bisa seperti Korae Selatan? Jangan mau kalah dengan kota Seoul Indonesia pasti bisa!🙂

Catatan: Broadband adalah akses internet berkecepatan tinggi. tapi tidak semua bentuk internet berkecepatan tinggi menggunakan teknologi broadband.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s