Bagaimana Perkembangan 3P (people, process, phsycal evidence) pada Perusahaan McDonald’s Corporation di Indonesia

Nama: Annisa Fadilah

NMP: 15209922

Kelas: 3EA14

Unsur 3P adalah unsur yang memperhatikan 3 faktor utama yang dapat menjadi acuan dalam memajukan kinerja suatu perusahaan. 3P sendiri singkatan dari people, process, physical evidencePeople adalah aspek mengenai orang yang berperan dalam suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat berjalan dan berkembang, baik itu para dewan direksi, staff, maupun pegawainya. Process adalah tentang apa yang menjadi kegiatan suatu perusahaan tersebut untuk dapat menghasilkan outoput dan apa yang menjadi tujuan perusahaan tersebut. Yang terakhir adalah Physical evidence, merupakan hasil yang dapat dilihat secara nyata atau bukti fisik atas apa yang telah dilakukan oleh suatu perusahaan.

Berikut adalah contoh perusahaan yang memiliki unsur 3P  dalam menjalankan kegiatannya. McDonald’s Corporation (di Indonesia terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald’s adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng, dan filet ayam hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Restoran McDonald’s pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia. Restoran McDonald’s pertama di  Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald’s di luar negeri, McDonald’s juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.

Unsur 3P pada McDonald’s Corporation

People. Perusahaan ini selalu mencari tenaga kerja yang memiliki kreativitas dan produktivitas yang tinggi, serta bertanggung jawab besar terhadap perusahaan. Meregenerasi karyawanya dengan lebih berkompetensi agar memiliki sikap ramah terhadap konsumen dan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Process. Mereka memiliki visi dan misi sebagai berikut:

Visi Perusahaan :

To be the world’s best quick service restaurant experience ” (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman, paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia).

Misi Perusahaan :

“ Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald’s ”.

  • Menciptakan produk baru, Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.
  • Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah berumur.
  • Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan.

Physical Evidence. Setelah kedua aspek diatas telah dicapai, perusahaan akan memperoleh hasil secara real atau output. Melalui proses itulah McDonald’s Corporation mengeluarkan hasil nyata kepada masyarakat yaitu:

  • Mc Donald mempunyai a strong global presence dengan kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, Mc Donald merupakan pemimpin pasar (market leader) baik secara domestik, maupun internasional.
  • Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata “ I’m Loving It ” dalam setiap pemasarannya.
  • Adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan menelpon 14045.
  • Tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri.

Sumber:

  1. http://thankgodifoundhim.ngeblogs.com/2011/11/25/bagaimana-perkembangan-3ppeople-process-phsycal-evidence-mengenai-perform-pada-perusahaan-jasa/
  2. http://tugasmagic.wordpress.com/2010/03/19/visi-misi-dan-strategi-perusahaan-yang-bergerak-dalam-bidang-makanan-telekomunikasi-dan-transportasi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s