World Finansial Flow

World Finansial Flow

Nama: Annisa Fadilah

NPM: 15209922

Kelas: 3EA14

Sebelum adanya bank, dulu jika masyarakat B (-) membutuhkan uang mereka akan meminjam kepada masyarakat A (+) dalam hal ini juga bisa terjadi proses barter antara masyarakat A (+) dan masyarakt B (-). Proses ini harus ada 2 faktor berikut ini, yang disebut dengan double considence:

  1. Kenal/ Trust
  2. Kebutuhan / Ketersediaan

Setelah bank mulai dibentuk, fungsi bank sebagai perantara keuangan atau disebut dengan Finansial Intermediary masyarakat A (+) dan masyarakat B (-). Bank menggunakan 3 jenis simpanan:

  • Simpanan giro
  • Simpanan tabungan
  • Simpanan deposit

Masyarakat surplus menyimpan uang mereka di bank (i1) dan masyarakat minus meminjam uang pada bank (i2). Kegiatan ini dapat menghasilkan keuntungan bagi bank

i2 > i1 → i2 – i1 = Laba Bank (Interest Speard)

Bank juga bekerjasama dengan Asuransi. Agar bank tidak rugi, bank melakukannya dengan premi (arisan bank). Transfer of  Risk atau pemindahan resiko, jika masyarakat B (-)  tidak sanggup membayar pinjamannya terhadap bank, bank akan mengasuransikan masyarakat B (-) pada perusahaan asuransi. Agar tidak terkena resiko asuransi, maka perusahaan 1 melakukan reasuransi dengan perusahaan asuransi 2 dan jika perusahaan asuransi 2 tidak sanggup menanggung sebagian hutang asuransi 1 maka perusahaan asuransi ke 2 akan melakukan retrosesi dengan perusahaan asuransi 3. Selanjutnya, agar asuransi 3 tidak rugi maka, asuransi 3 membuat perusahaan misal, perusahaan AB, CD, dan EF dengan membeli saham pada bank. Dengan itu asuransi 3 memiliki dan menguasai bank sebesar saham yang di beli.

Capital market menjual

  • Obligasi yang disebut dengan surat hutang.
  • Saham terbagi menjadi 3:
  1. Deviden : diperoleh dari laba yang dibagikan
  2. Capital gain : keuntungn dalam pembalian saham
  3. Capital loss : rugi

Pembagian saham yang paling besar adalah dengan capital gain dibandingkan dengan deviden. Peristiwa ini dinamakan World Finansial Flow.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s