Manfaat Tanaman Suji

daun_suji

Kalau bicara tentang daun suji selalu identik dengan pewarna alami untuk makanan.  Penggunaan daun suji untuk pewarna makanan cukup mudah ambil bebrapa lembar daun kemudian tumbuk dan peras airnya dan saring anda akan mendapatkan pewrna berwarna hijau pekat. Daun suji mempunyai nama ilmia Pleomele angustifolia ini masuk dalam falimi Liliaceae, meski tidak berkerabat dengan pandan di beberapa daerah menyebut daun suji dengan Pandan Betawi.  Warna Hijau yang dihasilkan saat kita memeras daun suji menunjukkan adanya kandungan Klorofil (zat Hijau Daun) yang sangat tinggi. Klorofil dan beberapa turunannya dapat berfungsi sebagai antioksidan, serta daya hipokolesterolemik secara in vivo. Kedua aktivitas kimiawi ini sangat baik untuk menekan penyakit Aterosklerosis. Aterosklorosis dipicu oleh kolesterol lipoprotein berdensitas rendah (LDL/Low Density Lipoprotein) yang teroksidasi.

Beikut Contoh ramuan dengan daun suji:

Sebagai obat batuk berlendir dan berdarah caranya adalah 20 lembar daun suji dicuci  sampai bersih, tumbuk sampai lumat, dan tambah air sebanyak ½ gelas. Setelah itu peras dan minum 2 kali sehari pagi dan malam.

Selain itu daun suji dan bagian lain dari pohonnya juga bisa mengobati mengobati penyakit kencing nanah, Nyeri Lambung, Beri-beri, Nyeri pada saat Haid, Disentri dan bisa digunakan sebagai Zat Anti Racun.

Semoga bermanfaat🙂

 

sumber: http://khasiat-obatherbal.blogspot.com/2012/07/khasiat-daun-suji-untuk-pengobatan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s