Peran Demografi terhadap Perilaku Konsumen

Nama: Annisa Fadilah

NPM: 15209922

Kelas: 3EA14

Demogarfi mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Struktur penduduk meliputi jumlah persebaran dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah karena disebabkan oleh proses demografi yakni kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), dan juga adanya migrasi penduduk.

Dalam karakteristik demografi, saat ini gaya hidup merupakan pola yang menentukan bagaimana seseorang memilih untuk menggunakan waktu, uang, dan energi dengan caranya sendiri. Bagaimana seseorang hidup, bagaimana menggunakan uangnya, dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka.

Demografi berperan bagi perilaku konsumen yang meliputi beberapa faktor yaitu (usia, gender, status, pendididkan). Kebutuhan konsumen berdasarkan faktor-faktor tersebut tentunya berbeda. Pasar anak-anak tidak mungkin sama dengan pasar dewasa, pasar pria berbeda dengan pasar wanita karena kebutuhan pria dan wanita berbeda-beda dan pasar kalangan atas tentu berbeda pula dengan pasar kalangan bawah. Konsumen kalangan bawah tentunya lebih konsumtif dalam membeli barang, mereka cenderung memilih barang dengan harga yang relatif murah yang sesuai dengan pendapatanya, sedangkan kalangan atas yang berpendapatan besar pastinya mereka menginginkan barang yang berkualitas walau barang tersebut bernilai jual tinggi.

Demografi pendidikan sangat berperan dalam perilaku konsumen. Karena konsumen yang berpendidikan akan mengetahui bagaimana suatu produk yang baik dan layak untuk di beli atau tidak. Mereka pasti tahu kualitas dan mutu dari suatu produk. Jika berpendidikan rendah maka pengetahuan tentang produk-produk berkualitas dan bermutu pasti lebih sedikit dan hal ini dapat mengecoh konsumen sehingga mudah tertipu oleh produk-produk palsu.

sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/2146728-definisi-dan-pengertian-demografi/

Leave a comment